Jumat, 19 November 2010

BENTUK-BENTUK OBAT

mengapa bentuk-bentuk obat dibuat berbeda- beda, bukan ?

Ada banyak alasan-alasannya, Antara Lain :



1. Anak-anak Balita yang sukar minum obat dalam bentuk tablet,tentu harus dicari bentuk lain seperti Sirup,Drops dan Puyer.
2. Obat-obatan yang umum biasanya dibuat dalam bentuk bulat pipih yang dikenal dengan nama TABLET Ada pula beberapa tablet yang sengaja dibentuk khusus seperti


Tablet berbentuk SEGITIGA


- Tablet berbentuk SEGIEMPAT
- Tablet berbentuk KAPSUL yang disebut KAPLET,CAPLET atau CAPTAB.


Bentuk tablet ini saja ada beberapa macam, Antara Lain :



- Tablet berlapis dua,Tablet beriapis 3 (2 or 3 layers tablet)
- Tablet pertepasan lambat (= Sustained released tablet atau Gradumet)
- Tablet kunyah,yang cara makannya dikunyah teriebih dulu baru ditelan(Contohnya: untuk pengobatan sakit Maag misalnya)

3. Obat-obatan yang rasanya pahit atau dapat merangsang lambung harus dibalut dan diberi lapisan gula yang kemudian Kita kenal dengan nama: Dragee atau Sugar Coated tabletBisa juga rasa pahit itu hilang,apabila dimasukkan kedalam bentuk obat yang kita kenal dengan nama KAPSUL atau CAPSULE
4. Obat-obatan yang harus larut didalam usus harus diberi lapisan yang tahan temadap asam lambung dan disebut dengan nama : ENTERIC COATED TABLETS. Ada juga tablet yang dtlapisi oleh selaput film; maka disebutnya: FILCOTAB (= Film coated tablet) atau FILCOCAP( = Filmcoated caplet)
5. Obat-obatan yang digunakannya untuk keperliuan penyakit wasir didubur,harus dibuat dalam bentuk seperti torpedo dan dari bahan yang mudah meleleh pada temperatur badan, dan disebut dengan nama : SUPPOSITORIA.
6. Obat-obatan yang digunakannya untuk keperiuan infeksi rongga mulut,harus dibuat dalam bentuk TABLET HISAP (= Troches, Pastilles) atau dalam bentuk SEMPROTAN (=Spray)
7. Obat-obatan yang cara minumnya hams dilarutkan dulu dalam 1 gelas air disebutnya EFFERVESCENT TABLET atau TABLET BUIH.
8. Obat-obatan yang digunakannya untuk keperiuan didalam rahim wanita,kita kenal dengan nama VAGTAB (=Vaginal tablet) atau OVULA.
9. Obat-obatan yang digunakannya dengan menggunakan alat suntik.kita buat dalam bentuk ampul @ 1 cc, 2cc, 5cc, 10 cc alau dalam FLACON / VIAL @ 10 cc biasanya. Untuk keperiuan INFUS dibualnya dalam botol / kemasan plastik@ 500 cc.
10. Obat yang digunakan untuk dilekatkan pada kulit,dibuat dalam bentuk macam-macam ,a.l.: SALEP - KRIM - PASTA dalam tube atau pot Juga bisa dalam bentuk PLESTER berbentuk lembaran sejenis SalonPas atau Koyo Cabe atau dalam bentuk GAAS/KASA seperti SOFRA-TULLE atau DARYANT TULLE. Juga akhir-akhir ini dibuat tablet mini yang dimasukkan dibawah kulit yang kita sebut dengan nama: SUSUK atau IMPLANT. Obat-obatan yang digunakannya dengan cara menyedot melatui mulut, ditaruh dalam alat khusus dan disebut dengan macam
-macam nama seperti: NEBULIZER, INHALER, SPRAY. Obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan mata, dibuat dalam bentuk : SALEP MATA didalam tube atau CAIRAN didalam botol tetes berpipet.
11. Obat-obatan didalam laiutan minyak kini dapat dibuat dalam bentuk kapsul yang disebut dengan nama KAPSUL LUNAK atau SOFT CAPSULE.KAPSUL dimana isinya zat benXhasiat digunakan untuk perilpasan lambat,disebutnya REPECAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar