Jumat, 19 November 2010

Cidera Punggung

Penyebab :

Peyakit yang disebut juga cidera punggung  ini disebabkan karena menonjol keluarnya bantalan penghubung sendi tulang belakang (Herniated Disk) hingga Kemudian mendesak pusat syaraf tulang belakang. Keadaan  itu  terjadi  ketika  seluruh atau sebagian pusat piringan tulang belakang yang lunak mendapat tekanan sehingga mengakibatkan penutup keras  pada piringan tulang belakang robek (pecah). Akibat kerusakan syaraf itu ujung-ujungnya bisa menyebabkan kelumpuhan kaki. Sebuah piringan bisa bergeser dari posisinya semula atau turun berok (hernia) yang dipicu oleh luka trauma, tekanan yang frekuensinya terus-menerus akibat posisi duduk yang salah, kelebihan berat badan, dan mengangkat benda berat.
 
Gejala :

Rasa nyeri pada bagian punggung ataupun pinggang yang bervariasi dari ringan sampai melumpuhkan.

Efek :

Desakan akibat tonjolan piringan yang menghimpit pusat syaraf tulang belakang jika hanya didiamkan seringkali berdampak pada kerusakan titik pusat syaraf tulang belakang. Apabila tekanan pada pusat syaraf sangat kuat maka besar kemungkinan kaki akan lumpuh karena terjadi kerusakan pada syaraf sciatica (syaraf terbesar dan terpanjang  pada tubuh yang menjalar dari tulang punggung sampai ke kaki) 
 
Pengobatan :

Cara paling sederhana dengan cara mengompres (air dingin atau air hangat), perbanyak istirahat, bila tidur menggunakan kasur yang keras, tidur dengan lutut ditekuk. Atau bias juga menggunakan anlgesik ringan selama nyeri tersebut belum merusak saraf tulang belakang. Operasi dapat dilakukan bila piringan hernia pecah.


Pencegahan :


Penyakit ini dapat dicegah dengan cara olahraga. Dengan olahraga maka dapat berfungsi menguatkan otot sekaligus terhindar dari kegemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar