Jumat, 19 November 2010

KEHAMILAN

Kehamilan adalah suatu mukjizat dari Tuhan. Sudah sepantasnya setiap perempuan bersyukur atas kehamilannya karena, ltu berarti, ia telah diberi kepercayaan oleh Tuhan untuk menjadi malaikat bagi bayi yang dikandungnya jangan sia-siakan dan jangan pernah abaikan seorang manusia kecil yg bersemayam di rahim Anda. Tak ada tanggung jawab yang lebih besar daripada mengasuh membimbing, dan membesarkan anak. Satu-satunya pekerjaan yang di dalamnya kita dituntut untuk mencampur logika, emosi, dan perasaan kita.


Proses kehamilan itu sendiri terdiri dari 3 masa yang disebut trimester, yaitu :
Ø      Trimester pertama adalah minggu pertama sampai 11 minggu 6 hari

Trimester pertama adalah awal kehamilan, saat ibu mulai merasakan perubahan tubuh yang cukup drastis, seperti mual dan muntah—lazim disebut  morning sickness, pusing, cepat lelah, rasa sakit pada payudara, dan bertambahnya nafsu makan. Gejala-gejala tersebut adalah gejala yang paling  umum terjadi pada trimester pertama, yang disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Kadang kala, ada ibu yang tidak mengalami semua atau sebagian dari gejala tersebut. Bahkan, pada beberapa kasus, ibu-ibu yang bekerja tidak sadar bahwa dirinya hamil. Biasanya, bentuk tubuh ibu hamil belum berubah karena janin masih terlalu kecil dan ia belum memenuhi kantung rahim sehingga kantung rahim belum membesar.
 
Ø      Trimester kedua adalah minggu ke-12 hingga 27 minggu 6 hari

Pada trimester kedua, gejala umum trimester pertama yang membuat ibu tidak nyaman biasanya mulai berkurang, bahkan hilang sama sekali. Walaupun mungkin berat badan ibu belum bertambah cukup banyak, nafsu makan mulai muncul karena tidak ada gejala mual dan muntah lagi. Pada trimester ini janin mulai memenuhi kantung rahim sehingga kantung bertambah besar, yang membuat ibu mulai terlihat hamil. Saat pemeriksaan, dokter kandungan sudah dapat melihat jenis kelamin janin dengan menggunakan USG

Ø      Trimester ketiga adalah minggu ke-28 hingga si buah hati lahir dalam waktu yang cukup (40 minggu).

Pada trimester ketiga, ibu hamil akan merasa makin tidak nyaman. Pada masa ini, kadang-kadang muncul berbagai masalah kehamilan, biasanya  ibu makin merasa tidak nyaman akibat berbagai gangguan, seperti sakit lambung, sembelit, varises, sakit pinggang, sulit tidur, sulit bernapas, dan keinginan untuk buang air kecil yang makin kerap. Segala bentuk ketidaknyamanan ini disebabkan oleh berkembangnya janin dalam kandungan. Kadang-kadang, pada beberapa ibu, dapat juga terjadi kontraksi palsu (Braxton Hicks) yang merupakan penarikan otot-otot rahim dalam persiapan menuju persalinan. Pada masa ini, janin telah terbentuk dengan sempurna dan sedang dalam persiapan untuk dilahirkan. Tubuhnya makin berisi karena jaringan lemak mulai ada di bawah kulit janin. Lemak ini akan membantu janin memelihara suhu tubuhnya saat ia dilahirkan. Pada minggu ke-32, janin mulai dapat menggerakkan bola matanya dan mampu membedakan antara gelap dan terang. pertambahan berat tubuh janin juga menjadi lebih cepat dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya. Janin sudah memiliki kuku jari tangan, kuku jari kaki, bahkan rambut di kepalanya. Dengan perkembangan ini, rahim ibu menjadi sangat sempit bagi janin sehingga, walaupun ia masih sering bergerak, ia tidak dapat melakukannya seleluasa sebelumnya. Pada minggu ke-36, semua organ tubuh janin telah berkembang sempurna. Mulai saat ini, biasanya ibu hamil harus memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan setiap minggu sampai masa persalinan. Pada masa ini juga, biasanya kepala janin telah berada di bawah dan siap di jalan lahir. Bahkan, beberapa janin kadang-kadang sudah terkunci kepalanya pada tulang panggul/pelvis. Posisi ini biasa disebut sebagai engagement.

2 komentar: