Jumat, 19 November 2010

Organ Tubuh Manusia

1. MEMAHAMI ORGAN-ORGAN PENTING DIDALAM TUBUH KITA.


Agar anda tidak menjadi bingung, sebaiknya anda mengerti terlebih dulu organ-organ apa saja yang ada didalam tubuh kita serta bagaimana bekerjanya dan apa pengaruhnya organ-organ tsb terhadap tubuh kita. Marilah kita mempelajari organ-organ yang menyangkut:


(A) Sistem saluran pencernaan :


A1. MULUT DAN KERONGKONGAN (= Oesophagus)

Dimulut makanan kita mulai digiling (= dikunyah) oleh gigi dan kelenjar ludah yang mengeluarkan cairan yang mengandung enzim Ptialin yang dapat menguraikan Karbohidrat (= Hidrat arang) Kemudian makanan masuk ke-kerongkongan dan mulai diremas-remas menjadi adonan dengan cara gerakan peristaltik sampai menuju keujung klep lambung.


A2.  LAMBUNG.

Letaknya disebelah bawah Tulang iga bagian bawah. Dilambung ini makanan dicampur dengan enzim pepsin, renin dan asam HCL Disinilah protein (a.l.daging) dan lemak (a.l.susu) dicema. Dalam keadaan normal makanan akan meninggalkan lambung dalam waktu 3-5 jam. Dilambung tidak ada yang diserap kecuali Alcohol.


A3. USUSHALUS.

Ukuran normal usus hafus adaiah 22 kaki atau ± 67 m panjangnya terdiri dari Duodenum (= usus 12 jari), jejenum (usus 10 kaki) dan ileum (usus ±12 kaki). Disini makanan dilanjutkan dicema lagi kemudian diabsorpsi (= diserap) Di -duodenum ini bermuara saluran Empedu dan saluran kelenjar Pancreas. Empedu mengeluarkan cairan empedu yang membantu mencemakan lemak dan dari pankreas keluar enzim-enzim Lipase, Protease dan AmHase yang masing-masing menguraikan lemak, protein dan amilum.


A4. HATI

Hati atau Liver adalah organ tubuh yang paling besar dan beratnya ± 1,5 kg dan merupakan pabrik kimiawi yang sangat vital.





Tugas Hati :




- Dapat membah hampir semua bentuk zat.
- Dapat memusnahkan racun-racun (detoksifikasi)Sebagai tempat simpanan gula (glikogen) dan vitA/D.
- Dapat membuat enzim-enzim,kolesterol,protein,cairan empedu,dl.

A5. USUS BESAR (Colon) Di usus besar terjadilah dehidrasi (absorpsi air).


Makanan memerlukan waktu 12-14 jam untuk sampai kepada ujung usus besar yailu saluran Ano-rektal. Didalam usus besar ini befkumpul banyak sekali bakleri dan bahan-bahan yang lidak tercemakan seperti seiulosa.


A6. DUBUR (Anus)

Anus atau lubang dubur dilengkapi dengan otot yang dapat mengkerut-kerut(Sphincter) dan bersambung dengan Yongga Rektum serta belokan S yang disebut Sigmoid flexure terus keusus besar. Anus adalah tempat keluamya faeces (= najis)


(B) SISTEM SALURAN PERNAFASAN.

PARU - PARU


Paru-paru berada dirongga dada sebefah kiri dan kanan.Paru-paru merupakan pusat pemafasan.Oksigen dari udara yang kita hirup masuk melalui rongga hidung ke tenggorokan melalui batang lenggorok (=tracriea) kemudian kebronchi,ke-bronchioles lenis ke alveolus. Jagalah agar panu-paru anda jangan sampai kemasukan air. Misalnya: sehabis operasi (pembedahan) dibagian perut,janganlah langsung minum atau diberi minum apabila yang bersangkutan belum kentut ( = flatus) sebab bila hal itu terjadi maka akibatnya bisa fatal. Air minum yang masuk dilambung tadi akan belum bisa melewati usus, karena pehstaltiknya belum normal kembali,sehingga air tsb kembaii keluar lagi dan muntah-muntah.Apalagi bila anda sedany tertidur.air yang kembali akan bisa mengalir masuk ke paru-paru dan sipasien akan meninggal Karenanya.


(C)  SISTEM PEREDARANDARAH. JANTUNG


Jantung adalah sebuah pcmpa dengan klep-Wep.Besamya sebesar kepalan tangan dan bekerja terus menenjs 24 jam sehari.Kira-fcira dalam 1 menit jantung itu berdenyut 70 kali. Jantung merupakan pusat peredaran darah dan terdiri dari 4 ruang,2 serambi(Atrium kiri dan Atrium kanan),2 bilik ( = Ventriculum Kiri dan Ventriculum kanan). Darah mengalirkan oksigen dan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel jaringan keseluruh tubuh.
Bila jantung menguncup (= berkontraksi),maka darah dipompa keluar dengan tekanan yang kuat yang disebut:TEKANAN DARAH SISTOLE. Sedangkan apabila jantung mengendor kembali,maka tekanan darahnya disebut:TEKANAN DARAH SISTOLE. TEKANAN DARAH SISTOLE selalu lebih finggi daripada TEKANAN DARAH DIASTOLE.       


Dibawah ini anda dapat melihat bentuk Jantung serta bagian-bagian dalamnya       
                   
Batas normal kedua tekanan darah itu: 120 / 80 mm Hg, artinya: Tekanan darah Sistole : 120 mm/Hg , sedangkan Diastole: 80 mm/Hg. Makin berlambah umur seseorang, tekanan darahya makin tinggi. (LihaUah daftar batas-batas dan rata-rata Tekanan Darah menurut Buku Obat-obat penting karangan Drs.H.T.Tan & Drs.Kirana Raharja Edisi ke-4 hal.434.


Usia PRIA  Sistole Diastole  WANITA Sistole Diastole
10-20 th. 102-123 70-78 103-116 70-73
20-30 th. 123-126 78-80 116-120 73-76
30-40 th. 126-128 80-82  120-126 76-80
40-50 th. 128-133 82-83  126-136 80-85
50-60 th.  133-140 83-84  136-144 85-83
60-70 th. 140-143 84-81 144-158 83-81
70-80 th.  143 81-80 158-155 81-80
80-90 th.  143 80-78 155-149 80

BAHAYA-NYA bila lekanan darah anda meninggi adalah: Kemungkinan pecahnya pembuluh-pembuluh darah kapiler terutama yang berada dibagian otak,sehingga menimbulkan pendarahan.Apabila hal ini sampai terjadi,maka sipendehtd biasanya lalu tak sadar diri (koma).


(D)   SISTEM SALURAN AIR KEMIH (Ginjal)

Ginjal lerdiri dari jutaan filter yang menyaring dan membersihkan darah didalam tubuh kita.Tiap jamnya kedua ginjal kita diliwati oleh.2 x banyaknya darah yang ada didalam tubuh kita. Selain itu kegunaan ginjal lainnya adalah bahwa ginjal dapat mengontrol rasa haus. Ginjal dapat berfungsi dengan baik pada tekanan darah tertentu. Bila tekanan darah mendadak menurun secara drasrjs,misalnya pada waktu pendarahan atau Shock,maka ginjal sukar untuk berfungsi.Begitu juga bila tekanan darah menaik,ginjal dapat menjadi rusak secara perlahan-iahan.Ginjal tsb akan mengecil dan fungsinya akan berkurang.Ginjal masih bisa berfungsi meskipun filtemya 90% rusak.


(E)   Kelenjar-kelenjar Buntu (= Endocrine Glands)

Sesuai dengan namanya kelenjar Bunt,kelenjar ini tidak mempunyai saluran keluar kesaluran pencernaan atau kesaluran pemafasan,dll.Fungsi kelenjar Buntu adalah memproduksi Hormon dan mengalirkannya langsung masuk kedalam darah.


MACAM-MACAM KELENJAR BUNTU


E.1. HIPOFISIS ANTERIOR (= Pituitary Gland)

Kelenjar buntu Hipofisis anterior memproduksi hormon Adenohipofisis (a.l.Hormon pertumburian,hormon Prolactin yg berfungsi terhadap laktasi,hormon Gonadotropin terhadap Infertilitas dan ACTH atau Adreno-CorticoTropic Hormon yang merangsang keluamya hormon Kortikosteroida oteh kelenjar Adrenal) Bila kebanyakan homion Pertumbuhan pada masa anak-anak,maka akan timbul GIGANTISME ( raksaksa).sedangkan bila pada masa dewasa maka akan timbul ACROMEGALIE.


E.2. PARATIROID

Kelenjar buntu Paratiroid memproduksi hormon Paratiroid.Hormon ini mempertanankan kadar ion Mineral Calcium didalam tubuh agar tetap stabil.
Tanpa hormon ini,misalnya kelenjar buntu ini terangkat sewaktu operasi Gondok atau Amandel,maka akan terjadi TETANI (kejang-kejang otot)/konvulsi.


E.3. KELENJAR BUNTU TIROID

(The Thyroid Gland) Kelenjar ini memproduksi Hormon Tiroid.Bila kekurangan hormon ini maka akan terjadi Kretinisme (= Kerdil), MixOedema (= kadar kolesterol dalam darah meninggi)daya berpikir lambat,gangguan otot polos pencemaan dan saluran air kemih (Retensi Urine) - Bila kelebihan homon ini maka akan terjadi PENYAKIT BASEDOW (nadi cepat.denyut lebih keras, nafsu makan bertambah, mata dan gondok dileher membesar)


E.4. KELENJAR BUNTU OVARI.

Kelenjar buntu ini memproduksi Hormon Seks Wanita Estrogen dan Progesteron.Hormon-hormon ini menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan alat kelamin primer wanita, kelenjar payudara serta siklus haid.


E.5. KELENJAR BUNTU TESTIS.

Kelenjar buntu ini memproduksi hormon Seks lakMaki Androgen (Testostefon) Hormon ini berfungsi merangsang pertumbuhan pada anak lak-laki dan timbul efek maskulinasi / virilisasi yaitu: Suara rendah, tumbuh janggut (ciri-ciri khas sekunder pria)


E.6. KELENJAR BUNTU PULAU LANGERHANS

(didalam Pankreas) Kelenjar buntu ini memproduksi Hormon Insulin. Tanpa ada hormon Insulin kadar gula yang beriebihan didalam darah tidak bisa dinormaltsir kembali, sehingga timbul spa yang kita kenat dengan penyakit KENCING MANIS atau DIABETES MELLITUS.


E.7. KELENJAR BUNTU ADRENAL


Kelenjar buntu ini terdiri dari 2 bagian, Medulla & Cortex ; Cortex Oiatnr oleh ACTH

A. Hormon Sex(androgen (zona reticuiaris Medulla (Adrenalin & NA) Diatur oleh System Renm Angiofessin
B. Hormon Gluko-kortikosteroid(zona fasciculata)
C. Hormon Mineralo-kortikosteroid (zona glomerolus)
Dibagian dalam (Medulla) diproduksi hormon Adrenalin dan Nor-Adrenalin.Dibagian Cortex ada 3 daerah (Zona reticularis-dimana diproduksi hormon sex Zona fasciculata - dimana diproduksi hormon Glukokortikosleroid dan Zona glomeroJus-dimana diproduksi hormon Mineralokortikosteroid)


KHASIAT DARI HORMON Gluko-kortikosteroid :



Mineralo kortikosteroid :


- menstimulirpembentukan Qukosa  
- mengatur keseimbangan garam & air.
- menghambat sintesa protein (meningkalkan absorpsi balik K/Na dim distal tubule)
- menghambat respons imunofogikal & peradangan.

E.8. KELENJAR BUNTU THYMUS

Makin tua seseorang Kelenjar ini akan makin mengecit,baik ukurannya maupun kekuatannya,terutama dalam sistem kekebalan. Dengan suplemen asam amino arginin-omithin- ystein plus vitamin A-E serta mineral Zink,Selenium dan enzim papan dapat mengatasi kekurangan tsb.


E.9. KELENJAR BUNTU PINEAL

Pineal Gland atau kelenjar Pineal Memproduksi hormon MELATONIN. Makin tua seseorang.kelenjar Pineal Ini lama-lama tidak memproduksi Metatonin lagi :
Padahal telah diselidiki bahwa : Meiatonin ini merupakan "AGING CLOCK" setiap orang artinya : Dengan pemberian Meiatonin kepada seseorang dapat menyebabkan orang tsb hidup lebih lama sebanyak 20% Selain itu Meilatonin bekerja sebagai antioksidan yang poten sehingga dapat membantu mencegah penyakit kanker. Meiatonin juga berkhasiat menstimulir sistem kekebalan dan sebagai obat tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar