Jumat, 19 November 2010

PERSIAPAN SEBELUM PERSALINAN

Pada umumnya, sejak trimester ketiga, para ibu telah mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran si buah hati. Dengan demikian, penting bagi ibu untuk memelihara kebugaran tubuhnya dengan mencoba latihan ringan, seperti senam hamil.

Contoh latihan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil antara lain :

1. Posisi jongkok
Ini adalah posisi yang dapat dicoba dalam persalinan karena akan memudahkan janin melewati jalan lahir.  Latihan ini akan membuka rongga panggul ibu dan menegangkan daerah di antara anus dan vagina (perineum). Latihan ini akan memperkuat perineum dan mencegah bagian ini sobek saat ibu bersalin. Latihlah posisi ini setiap Hari selama beberapa menit.
2. Posisi bersila
Ini adalah posisi duduk dengan menyilangkan kaki semampunya. Dengan mengambil posisi ini, otot-otot paha ibu akan menguat dan panggul menjadi lentur. Gunakan alat bantu, seperti bantal, sebagai alas atau bersandarlah pada tembok jika posisi ini sulit dilakukan. Saat menanti persalinan, ada baiknya juga ibu mengikuti kelas persiapan persalinan (umumnya pada kelas senam hamil) bersama suami. Peranan suami sangat besar bagi ibu hamil. Oleh karena itu, penting bagi suami untuk ikut memahami berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil sampai proses persalinannya. Selain itu, sang suamidapat membantu ibu yang sedang bersalin dengan memijat-mijat daerah punggungnya atau dengan membantu ibu mentukan posisi persalinan. Bahkan, walaupun suami hanya menjadi pendukung yang menemani, ia dapat membantu ibu merasa lebih rileks.
Hal lain yang umum dilakukan ibu adalah menyiapkan barang-barang yang hendak ia bawa ke rumah sakit. Sebab biasanya setelah persalinan sekurang-kurangnya ibu harus dirawat inap 2 hari untuk persalinan normal dan 4 hari untuk caesar.

Berikut adalah contoh barang-barang yang perlu disiapkan untuk ibu (dengan masa perawatan 3-4 hari) :

- 3-4 pasang piama atau daster dengan kancing yang dapat dibuka dari depan
- Sandal untuk di rumah sakit
- Handuk mandi
-     4-5 bra untuk menyusui
- 4-5 pasang breast pad vim. padding untuk alas payudara
- Beberapa celana dalam dari bahan katun yang agak longgar
- Kain untuk alas tempat tidur
- Pembalut untuk wanita bersalin
- Sabun cuci vagina
- 2-3 buah gurita untuk ibu
- Pakaian untuk ibu saat pulang dari rumah sakit (siapkan pakaian yang masih agak longgar)
- Perlengkapan mandi, seperti sikat gigi, sabun, dan sebagainya
Persiapkan juga perlengkapan untuk bayi karena saat ibu pulang dari rumah sakit biasanya bayi akan pulang bersama ibu (jika bayi dinyatakan sehat).

Contoh barang-barang yang perlu dipersiapkan untuk bayi adalah :

- Baju bayi
-      Sarung tangan dan kaki bayi
- Topi bayi
- Popok sekali pakai (lebih aman untuk perjalanan)
- Selimut bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar