Jumat, 19 November 2010

INFORMASI GOUT, BATU GINJAL, MITOS & FAKTA

Gout/Pirai

Gout/pirai adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh rendahnya kadar enzim dari metabolisme purin atau tingginya kadar produk asam urat. Asam urat adalah produk metabolis akhir dari protein (yaitu asam nukleat purin). Beberapa purin diproduksi oleh tubuh kita sementara beberapa didapatkan dari makanan yang kita makan. Kadar asam urat yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan kristal pada sendi dan tulang rawan. Mengurangi jumlah purin dalam protein bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Beberapa Makanan dengan Kadar purin Berbeda


Kadar Purin                             Kadar Purin                                         Kadar Purin 
Tinggi                                       Menengah                                           Rendah

Ikan-sarden                        Daging-daging sapi,                       Gandum, produk
cod, trout                          babi                                            susu, Gula

Unggas-kalkun                    Makanan laut-kepiting,                    Sayuran hijau
                                       lobster, tiram

Organ-liver, ginjal                Unggas-ayam, bebek                       Telur
                                       Kacang merah dan miju-                    Roti
                                       miju

Sumber lain-alkohol             Sayur-sayuran                                 Kopi
                                       Bayam, jamur



Batu Ginjal (oksalat)

Saat pemprosesan dalam tubuh, asam oksalat bergabung dengan garam seperti kalsium untuk membentuk garam kalsium oksalat. Senyawa ini bisa mengendap sebagai kristal dan membentuk batu-batu dalam ginjal. Batu oksalat juga ditemukan pada kantung kemih. Sumber Makanan dengan Kandungan Asam Oksalat Tinggi adalah : Selada, terung, kentang manis, bayam,lobak, peterseli, kubis, brokoli, bawang putih dan Iain-lain. Penderita batu ginjal atau kantung kemih sebaiknya menghindari makan tersebut atau menguranginya dalam diet mereka.

Malnutrisi

Malnutrisi adalah kondisi yang dihasilkan dari adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan tubuh dan masukan nutrisi. Hal ini dapat melibatkan defisiensi protein, mikronutrient (vitamin dan mineral). Hal ini juga bisa menjurus pada ketergantungan toksisitas atau obesitas. Penyebabnya adalah kekurangan nutrisi (tidak tercukupinya masukan nutrisi selama sakit atau diet yang tidak seimbang) dan  Kelebihan nutrisi(kelebihan makan makanan yang tidak sehat, tidak cukup berolahraga, dan juga mengonsumsi obat diet secara berlebihan. Hal ini menjurus pada kelebihan masukan vitamin (keracunan) dan kekurangan mineral. Seseorang mungkin saja kelebihan berat, tetapi karena masuknya nutrisi vang tidak perlu, ia bisa menderita malanutrisi.


Malnutrisi pada anak-anak

Ketidakcukupan masukan protein (untuk membangun otot dan menjaga tubuh tetap sehat), kalori (untuk energi), zat besi (untuk fungsi sel darah yang baik), vitamin, dan mineral. Kebutuhan tubuh akan mikronutrient adalah esensial, khususnya dalam tahap pertumbuhan dan usia tua. mikronutrient yang dibutuhkan adalah vitamin A, B, C, seng foiat, kalsium, zat besi, dan yodium.


BEBERAPA PENYAKIT DEFISIENSI YANG UMUM

Gondok (pembesaran kelenjar tiroid): Disebabkan karena kekurangan yodium. Kekurangan vitamin A : Menjadi penyebab utama kebutaan pada anak-anak. Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah yang rendah. Anemia menyebabkan kelelahan, dapat memengaruhi fungsi otak dan dalam beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan kematian jantung. Pengobatan untuk penyakit-penyakit ini adalah dengan memperbaiki makanan dan pemberian suplemen. jika jumlah makanan tidak mencukupi, tubuh pun tidak menerima energi. Pada anak-anak, mereka akan kehilangan berat badan karena kekurangan masa otot. Anak-anak dengan kesalahan makanan memiliki perut yang tidak proporsional, otot yang kecil, dan simpanan lemak yang tidak mencukupi. Mereka yang mengalami defisiensi mempunyai resiko terkena penyakit akibat tubuhnya lemah melawan infeksi.

MITOS DAN FAKTA

Mitos

Ghee, mentega, dan banyak krim dalam susu itu sehat.


Fakta

Semua lemak jenuh seperti ghee, mentega, dan krim tidak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh, baik dalam bentuk vegetarian maupun nonvegetarian,sebaiknya berjumlah kurang dari 7% dalam menu diet kita (dari 30% lemak total yang dikonsumsi sebagai bagian dari kalori dalam sehari).


Mitos

Diet keras adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan dengan cepat.

Fakta

Diet yang keras tidak baik untuk kesehatan pada umumnya. Seseorang harus mengurangi beratnya secara perlahan (tidak iebih dari 1/2 kg seminggu). Jika tidak, akan terjadi ketidakseimbangan nutrisi. Untuk mencapai berat ideal, jagalah berat badan melalui diet bernutrisi yang proporsional serta olahraga yang teratur. Diet tarik-ulur justru membuat berat badan Anda bertambah.

  Mitos

Minum banyak teh atau jus dalam sehari akan membantu memenuhi kebutuhan cairan saya.

Fakta

Teh dan jus harus dikonsumsi dalam jumlah terukur. Air sebagai obat yang baik bagi kesehatan dibutuhkan dalam jumlah besar untuk membersihkan tubuh Anda dari bahan buangan dan racun.


Mitos

Manisan tidak berbahaya. Saya bisa selalu memakainya.

 
FaKta

Sadari fakta bahwa manisan diawetkan dengan banyak minyak dan garam, keduanya sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar